Seorang Pemimpin Harus Mahir Manajerial



Jaman semakin hari semakin modern, ini dapat disebut sebagai era globalisasi dan juga dapat dikatakan sebagai transformasi ekonomi pengetahuan. Faktor paling penting yang menentukan akan majunya perekonomian di tentukan dari sistem informasi dan teknologi yang dimiliki. Karena tanpa kemajuan tehnologi informasi maka  sulit untuk berkembang. Teknologi informasi itu akan membawa perubahan dengan menyampaikan perkembangan perekonomian yang terjadi di dunia. Perubahan-perubahan itu akan berpengaruh pada pola pikir dan penciptaan nilai yang akan berfungsi bagi bisnis dan manajemen.

Seseorang yang dapat dikatakan memiliki kemampuan manajerial yang baik yaitu seseorang yang memiliki ketrampilan dalam melaksanakan pekerjaan dengan atau tanpa adanya orang lain. Ketrampilan manajerial ini tergambar dari bagaimana cara seseorang mendidik, memotivasi, dan mengembangkan potensi orang yang ada didalam organisasinya sampai pada cara bagaimana seseorang memutuskan untuk memberhentikan anggota organisasinya.

Jika Anda ingin memiliki kemampuan manajerial, sebaiknya Anda mengembangkan kemampuan observasi atau pengamatan. Observasi merupakan aspek penting yang sering tidak diperhatikan oleh seseorang ketika memimpin. Kegiatan observasi antara lain mengamati tim dalam melaksanakan tugas, menjalankan prosedur, berinteraksi, dan bagaimana alur tim dalam melaksanakan tugas keorganisasian. Dengan observasi ini, seorang pemimpin akan terlihat dan dikenal up to date dengan apa yang terjadi dalam organisasi.




Selain itu, kinerja tim atau anggota organisasi perlu dipantau dan diperhatikan dengan cara melihat kebijakan dan prosedur, apakah sudah jelas atau belum. Seorang pemimpin perlu melakukan pertemuan secara teratur dan tidak hanya ketika ada masalah. Pertemuan dilakukan baik secara individu maupun secara kelompok.

Penilaian dan evaluasi seharusnya tidak hanya formalitas, tetapi benar-benar dilakukan untuk mendapatkan kemajuan dimasa mendatang. Seorang pemimpin yang baik dalam hal manajerial, dapat mengevaluasi kelemahan dan memberikan pelatihan serta pengembangan strategi untuk memperkuat ketrampilan lemah dalam tim.
Kemampuan memimpin berasal dari pengetahuan yang kuat dan mengalaman produksi atau proses menuju hasil. Seorang pemimpin harus dapat mempertimbangkan semua faktor yang berbeda sebelum membuat keputusan. Keputusan dipadukan dengan fleksibilitas agar dapat beradaptasi dan diterima oleh tim.

Kesuksesan manajerial ditentukan juga oleh seberapa baik seorang pemimpin dalam mengkomunikasikan persoalan atau keputusan yang harus dikerjakan dan diselesaikan oleh tim. Sebagai pemimpin sebuah organisasi, kemampuan ini mutlak diperlukan, agar tim dapat menjalankan tugas dengan baik sampai dengan selesai.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Carbebosnecess | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com
The Hottest Post×