KARYAWAN WAJIB - DOA BERSAMA DI PAGI HARI SEBELUM BERAKTIVITAS


Setiap pagi di tempat saya bekerja, kami wajib untuk berdoa sebelum melaksanakan aktifitas. Dengan karyawan yang majemuk suku dan agama, tapi kami tidak memandang rendah dengan kemajemukan yang ada. Masing-masing kami karyawan saling menghormati perbedaan, terlebih anutan kepercayaan. Hal ini membuat kami sebagai penganut satu agama di perkaya dengan pengetahuan tentang bacaan doa dari teman-teman penganut agama lain. Maksudnya dari enam agama yang di anut oleh teman-teman kami yakni ada Islam, katolik, protestan, budha, hindu dan kong hu-cu justru saling mengetahui bacaan doanya penganut agama satu sama lain, karena setiap hari kami di atur oleh jadwal secara bergilir bagi karyawan untuk memimpin doa pagi bersama. Tak heran jika ada di antara teman-teman kami yang penganut satu agama yang berbeda bisa menghafal semua jenis bacaan doa dari teman-teman penganut agama lain. Mengapa di antara kami bisa hafal bacaan doa teman-teman kami yang menganut agama lain? Semua itu karena setiap hari kami sebelum melakukan aktifitas, diwajibkan untuk berdoa. Dan doa disini dibacakan oleh karyawan yang mendapat giliran memimpin doa. Inilah indahnya kemajemukan yang ada di tempat kerja saya.




Satu ketika jadwal memimpin doa bersama di pagi hari adalah giliran saya,. Tentu saya tidak bisa menghindar, karena bagi saya doa adalah pahala dan berkah bagi mereka yang memohon. Saya pun memimpin doa di pagi itu menurut ajaran agama saya yakni Islam.
Adapun bacaan doa yang saya bawakan seperti ini :

ILA HADRATIN NABIYU MUSTAFAN SURAHTUL Al-FATEHAH :

Bismillaahirrahmaanirrahiim
Alhamdulillaahirabbil’aalamiin
Arrahmaanirrahiim
Maalikiyawmiddiin
Iyyaakana’buduwa-iyyaakanasta’iin
Ihdinaashshiraathalmustaqiim
Shiraathalladziinaan’amta’alayhim ghayrilmaghdhuubi’alayhim walaadhdhaalliin
Amiin...

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Ya Allah yang Maha Pengasih dan penyayang…
Terima kasih atas segala Limpahan rahmat dan karunia serta kesehatan yang telah Engkau anugerahkan pada kami di hari ini,
Seraya kami bersimpuh dihadapan-Mu mengucap syukur atas segala nikmat yang Engkau berikan pada kami yang tak terhingga, sehingga menjadikan kami orang-orang yang bersyukur atas segala nikmat-Mu

Ya, Robb... Zat yang Maha Mengawasi dan Melindungi,..
Di pagi hari ini Kami telah berkumpul bersama untuk melaksanakan aktifitas sepanjang hari ini,
Seraya kami memohon tuntunan serta bimbingan-Mu, mengawasi dan melindungi kami dalam setiap gerak-gerik kami melakukan aktifitas.

Ya, Robb... Jauhkan kami dari segala godaan syaitan yang dapat menguasai hati dan pikiran kami,. Biar apa yang kami cita-citakan untuk perusahan ini, boleh berjalan seturut kehendak-Mu. Dan menjadikan ini sebagai nilai ibadah kami kepada-Mu.

Ya Robb... Zat yang Maha Mengetahui
Kami juga berdoa bagi teman-teman kami, yang sekiranya hari ini masih dalam perjalanan menuju tempat ini, bahkan bagi teman-teman kami yang akan bepergian dinas luar ke jaringan-jaringan kami. Lindungilah mereka dalam perjalanan, jauhkan dari aral yang melintang perjalanan mereka, biar mereka boleh tiba/kembali ke tempat ini dengan selamat sejahtera yang berasal dari pada-Mu.



Ya, Robb... Zat yang Maha Pengasih dan Penyayang
Kami juga berdoa bagi teman-teman kami yang sekiranya hari ini belum sempat hadir bersama kami untuk beraktifitas, yang mungkin terbaring sakit, kiranya Engkau selalu memberikan kekuatan serta kesembuhan bagi teman-teman kami, biar kami boleh hadir kembali bersama di tengah-tengah perusahan ini untuk melaksanakan segala aktifitas dan tanggung jawab kami masing-masing.

Ya, Robb... Zat yang Maha Bijaksana
Tunjukkanlah kami jalan yang lurus, yakni jalan-jalan yang Engkau ridhoi dan bukan jalan-jalan yang sesat. Berikanlah pada para pemimpin-pemimpin perusahan kami kearifan dan kebijaksanaan dalam membuat putusan serta memimpin kami, biar apa yang di titahkan oleh pemimpin-pemimpin kami, boleh kami laksanakan seturut dengan jalan yang engkau ridhoi.

Ya Robb... Zat yang Maha Mengampuni
Ampuni kami Ya, Robb.. yang terlalu banyak keluhan kami kepada-Mu, dari pada syukur kami kepada-Mu...
Ampuni kami Ya, Robb.. yang terlalu angkuh dihadapan-Mu, dari pada sikap rendah hati kami kepada-Mu...
Ampuni kami Ya, Robb.. yang terlalu banyak berbuat dosa, dari pada Taubat kami kepada-Mu
Ampuni kami... Ampuni Kami... Ampuni Kami... Ya, Robb
Jangan Engkau siksa kami jika kami lupa atau kami bersalah, kepada-Mu...
Berilah kami kebahagiaan di dunia dan kesejahteraan di akhirat, dan hindarkanlah kami dari siksaan api neraka.

"Rabbanaa aatinaa fid-dun-yaa hasanatan wa fil aakhirati hasanatan wa qinaa 'adzaaban- naar.
Subhaana rabbika rabbil-'izzati 'amma yashifuun, wa salaamun 'alal-mursaliina wal-hamdu lillaahi robbil Alamin".

Berdoa Selesai....



Share:

11 comments:

Copyright © Carbebosnecess | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com
The Hottest Post×