Makna Filosofi Bambu



Bambu merupakan jenis tanaman perdu yang tumbuh bisa mencapai bermeter-meter tingginya meskipun hanya dengan akar serabut. Hal ini menunjukkan bahwa bambu dalam masa resesi pertumbuhannya memperkuat pada bagian dasarnya yakni akar, agar kelak dapat menopang ketinggiannya yang mencapai puluhan meter dari permukaan tanah dan mampu menahan hembusan angin kencang. Dari hal di atas mengajarkan kita seperti pertumbuhan layaknya bambu. Dimana dengan dasar akal pikiran yang sehat serta iman dan takwah kepada Sang pencipta sehingga kita dapat membedakan hal baik dan buruk untuk mengontrol kehidupan di kemudian hari. Meskipun dalam kehidupan ini banyak pasang surutnya, itu bukan berarti kita gagal dalam hidup. Akan tetapi kita sedang menjalani resesi pertumbuhan yang luar biasa dalam menghadapi cobaan dan membentuk pribadi yang kuat.




Bambu juga mampu hidup di tempat yang sulit bagi tanaman lain untuk dapat hidup, serta mampu menahan erosi. Semakin berumur bambu juga semakin kuat, baik batang maupun akarnya. Demikian juga dalam kehidupan ini mengajarkan kita layak hidup dimanapun kita berpijak dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Sehingga membentuk pribadi yang supel dalam bermasyarakat, mentaati norma-norma bermasyarakat dalam satu rumpun hidup berdampingan secara tentram dan damai. Fleksibilitas bambu mengajarkan kita pada sikap hidup yang berpijak pada keteguhan hati dalam menjalani hidup, walaupun badai topan menerpah silih berganti namun bambu akan tegak berdiri menjulang di antara tanaman lainnya. Tidak ada kata menyerah atau berputus asa dalam hidup ini untuk terus tumbuh dan berkembang,. tidak ada alasan untuk tenggelam dalam keterbatasan, karena bagaimanapun pertumbuhan demi pertumbuhan harus diawali dari kemampuan untuk mempertahankan diri dalam kondisi tersulit apapun.

Hal yang terpenting adalah, hampir semua bagian dari bambu mampu dimanfaatkan oleh masyarakat. Mulai dari tunas bambu muda, sampai ujung batangnya berguna. Sifat yang diharapkan bahwa kita mampu dan berguna bagi orang banyak serta menjadi panutan di setiap keadaan.

Oleh sebab itu Lalui hidup ini dengan bijak, dan yakinlah bahwa hidup kita akan "Menjulang Tinggi dan Membawa banyak manfaat bagi orang lain", layaknya Bambu.



Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Carbebosnecess | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com
The Hottest Post×