Susah Percaya Pada Orang Lain ~ Penghambat Kesuksesan



Selain tingginya sifat egoisme, susah percaya pada orang lain juga dapat menghambat kita dalam meraih kesuksesan. Banyak orang gagal akibat tidak adanya sikap saling percaya. Padahal, menaruh rasa saling percaya amatlah penting dalam menjaga sehatnya sebuah hubungan. Misalnya saja Seorang pimpinan harus percaya pada bawahannya, bahwa para staf mampu menjalankan pekerjaannya secara optimal. Sebaliknya, para staf juga harus percaya pada atasannya, bahwa para pemimpin telah merancang program kerja sedemikian rupa sehingga layak dijalankan.

Prinsip kepercayaan tidak hanya berlaku dalam bisnis saja, tetapi juga dalam keluarga, asmara dan persahabatan. Tanpa sikap saling percaya mustahil dapat terjalin hubungan yang harmonis. Sebab kepercayaan merupakan fondasi kokohnya sebuah hubungan. Sebagian orang memang trauma menaruh kepercayaan pada orang lain. Alasannya, mereka pernah dikhianati. Mereka kerap mengalami kebimbangan, hendak memberikan kepercayaan kedua ataukah tidak. Ya, mempercayakan sesuatu pada orang lain memang bukan perkara mudah. Terlebih, ketika kepercayaan yang kita berikan dibalas pengkhianatan. Namun, rasa-rasanya tak ada salahnya kita memberikan kesempatan sekali lagi, biarkan orang itu memperbaiki dan membangun ulang citra dirinya. Pun kita bisa melakukannya melalui beberapa cara dalam mengubah kegagalan menjadi batu loncatan. Berikut ini akan penulis uraikan cara tersebut, antara lain yakni :



1. Memaafkan mereka. Meskipun mereka telah mengecewakan kita, maka maafkanlah. Konon ada perasaan legah luar biasa yang akan kita dapatkan dalam tindakan memaafkan.

2. Jelaskan bahwa pelanggan yang pernah dilakukannya tak akan pernah terulang di lain waktu. Meskipun kita sudah memaafkan kesalahan yang mereka buat, bukan berarti mereka bebas memperlakukan hati kita. Tegaskan bahwa mereka tak akan mengulangi kesalahan yang sama.

3. Ingatlah momen-momen mereka yang lebih baik. Seburuk apapun seseorang, pasti mempunyai sisi baik. Ketika mereka telah mengecewakan, cobalah mengingat momen-momen terbaik bersama mereka. Tidak adil jika kita hanya mengingat keburukan mereka tanpa mengingat kebaikan-kebaikannya.

Sebaliknya, jika Anda melakukan kesalahan yang mengakibatkan hilangnya kepercayaan seseorang terhadap Anda, jangan tinggal diam. Berusahalah memperbaiki kesalahan itu hingga keharmonisan hubungan Anda pulih kembali. Bagimana caranya? Tentunya kembali mengurai bagaimana membangun kembali hubungan yang telah hancur karena rusaknya suatu kepercayaan.

1. Minta maaflah
Ya, jangan menunda untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf pada orang yang telah kita lukai. Akuilah kesalahan dan minta maaflah segera, tak peduli akan seperti apa tanggapan orang yang bersangkutan.

2. bertanyalah pada diri sendiri, mengapa Anda merusak kepercayaan itu.
Jujurlah pada diri sendiri. Koreksilah diri Anda, tanyakan pada diri Anda mengapa Anda sampai hati merusak kepercayaan.




3. Memperbaiki kesalahan
Percuma jika Anda meminta maaf namun tak punya itikad untuk memperbaiki kesalahan yang Anda perbuat. Berbenahlah

4. Mengakui bahwa diperlukan waktu yang lebih lama untuk memulihkan kepercayaan daripada merusaknya.
Hanya butuh waktu hitungan menit untuk merobohkan kepercayaan yang diberikan orang lain, sedangkan untuk membangunnya, kita membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

5. Kepercayaan dipulihkan melalui tindakan, bukan kata-kata.
Jangan hanya membual dengan kata-kata. Tunjukan kesungguh-sungguhan untuk membenahi kesalahan melalui tindakan-tindakan.

Itulah fondasi kokohnya sebuah hubungan. Rasa saling percaya adalah modal pokok menjalin sebuah hubungan bahkan dalam hal apapun. Tanpa rasa saling percaya, mustahil hubungan akan berjalan langgeng. Rasa saling percaya akan melahirkan kejujuran, keterbukaan dan kemurnian hati. Tanpa di iringi sikap saling percaya, hubungan tidak akan berjalan sehat. Yang ada justru rasa curiga, was-was serta ancaman terkhianati. Jika sudah demikian, mustahil sebuah kesuksesan dapat tercapai mengingat tak satupun kesuksesan tercapai tanpa peran orang lain.

Jika tidak ingin gagal dalam menjalin hubungan dengan orang lain, berilah mereka kepercayaan. Sebab kepercayaan merupakan kunci segala keharmonisan hubungan. Berkenanlah memahami mereka dengan memenuhi segala keinginan dan kebutuhannya. Meskipun terkesan dramatis, sikap inilah yang akan membuat hubungan berumur panjang. Kepercayaan yang kita berikan kepada orang lain, pada akhirnya manfaatnya akan kembali pada diri kita sendiri. 



Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Carbebosnecess | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com
The Hottest Post×