BANYAK MENGELUH DENGAN MASALAH, INI SOLUSI MENYIKAPINYA



Dalam hidup, yang namanya masalah tidak bisa di elakkan lagi, bahwa kita semua pernah mengalaminya. Tidak seorangpun yang terhindar dari yang namanya masalah. Hanya saja, masing-masing kita berbeda-beda dalam menyikapinya. Sebagian orang menyikapi masalah dengan terus-menerus mengeluh. Keluhannya sebanyak masalah yang datang. Orang-orang seperti ini pada umumnya menjadi lupa bahwa esensi adanya masalah bukan untuk dikeluhkan, tapi dicarikan solusinya. Sebuah masalah tidak akan pernah usai hanya dengan keluhan. Mengeluh hanya memperbesar bobot berat sebuah masalah.




Ditengah perjuangan hidup mewujudkan cita-cita, akan ada banyak masalah yang datang silih berganti menerpah menghambat usaha kita. Dan jika kita terus-menerus mengeluh, energi akan cepat terkuras habis dengan sia-sia. Padahal perjalanan menggapai cita-cita masih jauh. Bukan tidak mungkin karena kehabisan energi langkah kita menjadi terhenti, semangat kita semakin hari semakin luntur dan akhirnya sama sekali hilang seketika.

Bila sudah begitu, apa yang bisa kita harapkan? Mungkinkah tujuan bisa kita gapai?

Yang menjadi penting akhirnya bukan terletak pada masalah. Akan tetapi lebih kepada bagaimana cara kita menghadapi masalah. Ketika kita mampu menyikapi masalah dengan tepat, hidup akan berjalan baik-baik saja. Tapi sebaliknya, ketidakmampuan kita menyikapi masalah adalah sumber bencana.

Jangan Fokus Pada Masalahnya, Tapi Carilah Solusi Untuk Mengatasinya

Bayangkan saja Anda berada dalam sebuah ruangan satu pintu tanpa jendela. Pintu ruangan itu terkunci dan kuncinya rusak hingga Anda tidak bisa membukanya. Celakanya tidak ada orang lain yang dekat dengan ruangan tersebut. Misalnya Anda berteriak sekuat tenaga, tidak akan ada satu pun orang yang mendengar dan datang membantu.
Apa yang akan Anda lakukan dalam kondisi tersebut? Apakah hanya memandangi pintunya? Apakah Anda hanya akan berteriak-teriak saja? Jika Anda hanya memikirkan pintu yang terkunci, tentu yang ada hanya ketakutan, bahkan Anda bisa melemas dalam ruangan itu.  Begitu pun jika Anda hanya berteriak-teriak.




Tetapi, bagaimana jika Anda menenangkan diri sejenak lalu menjauh dari pintu itu dan mulai melihat sisi lain dari ruangan, bukan pintunya tapi bagian lain dari ruangan. Mungkin Anda mencari-cari secara tenang di dalam ruangan itu, lalu Anda memeriksa lemari yang ada disitu dan melihat seperangkat alat pertukangan.
Nah, itulah solusi yang Anda temukan. Alat pertukangan tersebut adalah solusi untuk membuka pintu yang terkunci. Coba Anda pikir jika fokus Anda hanya pada pintu, apakah Anda memiliki kemungkinan menemukan alat pertukangan tadi? Tentu saja tidak.

Saat menemui masalah dalam hidup, sikap seperti inilah yang harusnya kita miliki. Lihat dan periksalah di sekeliling masalah, bukan pada masalahnya. Siapa tahu Anda menemukan lemari-lemari yang disana ada alat-alat pertukangan yang menunggu untuk Anda temukan. Jika yang Anda lakukan saat bertemu masalah hanya meratapinya, mengeluh dan menangis, maka masalah tetap menjadi masalah. Jadi, inilah prinsipnya. Mari kita belajar fokus pada solusi, bukan pada masalah. Jika masalah di ibaratkan pintu yang terkunci, maka lihatlah sekeliling dan cari jalan keluar dari permasalahan Anda.

Masalah terkadang membuat pikiran kita menjadi kacau bahkan sangat kacau. Ketika itu hanya ada emosi dan amarah. Tapi percayalah, sesungguhnya adanya masalah bukan untuk menghukum kita justru masalah ada untuk menaikkan level kita pada tingkat yang lebih tinggi dan membuat kita semakin tangguh. Tak perlu risau dengan datangnya masalah. Jangan mengeluh ! Kita justru berterima kasih dengan masalah, karena masalah itu yang akan membuat lebih dewasa, kuat dan bertahan. Seandainya tidak ada masalah dakam hidup ini, mungkin kita tidak akan pernah belajar untuk dewasa. Ketiadaan masalah hanya akan membuat kita tidak berkembang. Sebuah masalah bisa membuat kita dewasa karena ia memaksa kita untuk mencari jalan keluar.




Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Carbebosnecess | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com
The Hottest Post×