FILOSOFI ~ MAKNA TERSIMPAN DIBALIK INDAHNYA PELANGI




Seringkali kita melihat lengkungan berwarna-warni yang sangat indah di langit. Ya, itu adalah pelangi. Dulu, ketika ada pelangi banyak sekali mitos yang beredar seperti adanya bidadari yang sedang mandi di sumur tua sedangkan pelangi merupakan penghubung antara khayangan dan bumi.
Pelangi begitu indah dilangit dihiasi warna yang memikat hati. Setiap orang yang melihat pelangi seakan memberi tentram & damai dihatinya.
Nah Sobat,..berikut ini ada beberapa makna tersimpan dari Pelangi yang dapat kita jadikan bahan pelajaran bermanfaat dalam hidup ini, yakni :

1. Perbedaan warna indah pelangi
Ini menggambarkan bahwa hidup manusia sudah seharusnya bisa menghargai perbedaan dan menjadikan perbedaan itu sebagai motivasi untuk selalu hidup rukun dan damai walau berbeda suku, agama, ras dan budaya. Damai seperti pelangi yang selalu bersatu dalam keragaman warnanya.

2. Warnanya tidak tumpang tindih
Ini menggambarkan bahwa hidup manusia sudah seharusnya berada dalam tatanan dan posisi masing-masing. Tidak perlu saling hujat dan saling hina karena batas dan etika untuk saling menghargai satu sama lain.

 Layaknya urutan warna pelangi yaitu merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Mereka tidak akan tumpang tindih apalagi saling menimpa satu sama lain. Begitulah hendaknya kehidupan manusia, tidak perlu saling sikut dan saling cerca terhadap perbedaan pilihan. Pelangi telah mengajarkan itu semua.

3. Kemunculannya setelah hujan
Ini menggambarkan bahwa manusia harus selalu berusaha dan berjuang untuk kehidupan yang lebih baik.

Setiap pelangi yang indah hanya akan muncul ketika hujan telah berakhir. Sama seperti manusia yang harus merasakan lelahnya usaha untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan. Sama seperti kata pepatah "Berakit-rakit ke hulu berenang renang ke tepian", tiada mimpi yang dapat tercapai tanpa usaha yang giat dan kerja keras. Oleh karena itu, kamu harus selalu berani memwujudkan mimpimu ya!

Sahabat yang budiman! Hujan adalah sebuah anugerah yang tidak terhingga. Hujan juga telah membawa berkah bagi semua orang yang membutuhkannya. Karena hujan bumi telah basah dari kekeringan.

 Semua orang berbahagia dengan turunnya hujan. Mereka segera bertebaran dimuka bumi untuk mencari rezeki. Petani pun bersyukur dan mulai bercocok tanam setelah hujan tiba. Gambaran kebahagiaan dan kesenangan tersebut semuanya muncul setelah hujan. Gambaran keindahan yang sama dari pelangi yang muncul setelah hujan.

4. Kemunculannya yang sesaat
Ini menggambarkan bahwa kehidupan manusia akan selalu dikejar oleh waktu untuk mengabdi dan mengisi kehidupan ini dengan sebaik-baiknya.

Waktu akan sangat terasa sebentar jika kita tidak berbuat hal-hal yang bermanfaat bagi diri kita sendiri dan orang lain. Begitu sebaliknya waktu akan terasa berkualitas apabila kita dapat mengisinya dengan berbagai kebaikan dan kebajikan.

Semoga bermanfaat...
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Carbebosnecess | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com
The Hottest Post×