Ternyata begini caranya menetapkan target dalam meraih sukses



Mengingat target itu sangat penting dalam upaya menggapai impian, sehingga kita harus tahu apa yang menjadi target utama yang harus ditempuh dalam hidup. Ada banyak orang bercita-cita agar impiannya terwujud, namun tak sedikit diantara mereka menemui sebuah kegagalan. Alasan mereka hanya pasrah pada kenyataan bahkan sampai sulit untuk bangkit lagi untuk melangkah menggapai impiannya. Akhirnya mereka memilih berhenti, dari pada hanya kegagalan yang terus didapatkan. inilah ciri orang yang mudah putus asa setelah mengalami kegagalan hidup menggapai impian.




Padahal target menggapai impian harus benar-benar menjadi prioritas utama dalam hidup seseorang. Meskipun banyak impian hidup yang ingin diraih, jika kita konsisten dalam mengatur ritme tujuan hidup yang hendak digapai secara prioritas itu, maka mudah bagi kita dalam meraihnya. Yang terpenting adalah bagaimana cara menetapkan target itu. Berikut ini akan penulis berbagi pada pembaca sekalian langkah-langkah dalam menetapkan target dalam meraih kesuksesan.

1. Kenali Impian Anda
Pada dasarnya orang yang telah meraih sukses tentu yang dilakukannya adalah menuliskan sebuah target yang hendak digapainya yakni apa yang menjadi impian dalam hidupnya. Sebab impian merupakan awal dari sebuah bentuk kesuksesan. Tanpa impian tentu Anda tak akan mampu menentukan target mana yang hendak diperjuangkan. Oleh karenanya harus diprioritaskan terdahulu sasaran utamanya. Kalaupun impian yang ingin digapai terlalu banyak, pilihlah satu diantaranya yang ingin digapai terdahulu. "Semuanya berawal dari impian. Impian adalah ungkapan hati dari tujuan hidup Anda, yang menentukan apa artinya meraih potensi Anda. Jika impian itu bisa dinyatakan dengan jelas, Anda pasti bisa menciptakan sebuah peta perjalanan". (Ungkapan Maxwell)

2. Amati Posisi Awal Anda
Hal ini penting karena mustahil kita bisa mendulang kesuksesan tanpa mengenali impian. Selain itu kita tidak mungkin menjadi sukses jika tidak mengetahui darimana hendak memulai langkah. Oleh karenya, mulailah dengan mengevaluasi diri kita dengan sejujur-jujurnya. Cermatilah kemampuan, kelemahan, pendidikan, pengalaman dan bakat lain yang Anda miliki. Renungkan impian tersebut dan mengukurnya dari kondisi awal, Anda bisa mengartikannya dengan lebih tepat. Anda akan memperoleh gambaran yang lebih jelas akan hal penting bagi Anda dan bersedia untuk Anda berikan, korbankan demi meraih sukses. Dengan demikian Anda akan ada diposisi yang lebih baik untuk menetapkan target-target yang jelas dan realistis.

3. Buatlah Pernyataan Tujuan Anda
Setelah Anda memikirkan dan memperjelas impian, bersiaplah mengambil langkah berikutnya, yakni menentukan tujuan. Tuliskan sebuah pernyataan tujuan yang dilandasi impian dan apa yang akan Anda lakukan selagi menuju kesana. Pernyataan tujuan Anda harus berkembang dengan sendirinya dari impian, nilai dan keyakinan Anda. Karena itu, menyusunnya tidak bisa sekali jadi. Kebanyakan orang malah mengembangkan dan menyempurnakannya sambil jalan selama bertahun-tahun. Ketika Anda menulis pernyataan tujuan, ingatlah untuk tidak mengharapkan hasil sempurna. Tuliskan pernyataan itu sebaik mungkin kemudian rencanakan untuk memperbaruinya ketika Anda lebih memahami diri dan impian Anda.



4. Tetapkan Target-Target Anda
Setelah Anda membuat pernyataan akan tujuan Anda, maka tujuan Anda jelas. Selanjutnya Anda bisa menentukan target-target yang hendak diraih. Anda telah siap menentukan titik-titik tujuan dalam peta perjalanan yang harus dilalui demi memenuhi tujuan akhir Anda.

5. Mulailah Bertindak
Perlu diketahui bahwa sesempurna apapun target yang telah Anda tetapkan jika tidak di imbangi dengan tindakan nyata maka segalanya menjadi sia-sia dan percuma. Tindakan inilah menjadi kunci Anda dalam memenuhi cita-cita target yang telah Anda tentukan. Cara bertindak memenuhi target-target Anda adalah dengan mulai melakukannya secara konsisten. Anda tidak harus menjadi sempurna. Anda hanya perlu membuat kemajuan

6. Sesuaikan Rencana-Rencana Anda
Setelah menindaklanjuti target-target yang telah dipasang dengan tindakan nyata, pastikan untuk mengevaluasi target. Cermatilah kemajuan-kemajuan yang telah Anda buat agar dapat membuat penyesuaian. Hal ini dimaksud, mungkin ada beberapa target yang sudah tidak penting bagi impian dan tujuan Anda, sehingga perlu di ringkas. Sebaliknya, beberapa target lain yang mungkin justru perlu diperbarui. Dengan begitu, Anda akan tahu mana yang dibutuhkan dan mana yang perlu ditinggalkan. Ketika Anda berusaha memenuhi target-target tersebut, pikirkan hal ini. Sekalipun Anda harus berjuang menuliskan pernyataan tujuan hidup yang akan berlaku seumur hidup, buatlah rencana untuk mengevaluasi dan memperbarui target Anda terus-menerus.

7. Rayakan Kesuksesan Anda
Selesai menjelajahi impian. Berhasil merenungkan tujuan dan menetapkan target-target, selanjutnya bersiaplah menerima hal-hal indah yang akan terwujud. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi pada Anda dalam perjalanan sukses. Dengan impian yang realistis, usaha yang keras, keyakinan kuat, bukan tidak mungkin Anda nantinya jauh melampaui harapan-harapan itu. Namun Anda harus mengawali disuatu tempat untuk meraih impian itu dan menetapkan target adalah langkah awal yang hebat.

Itulah alasan mengapa target begitu penting dalam perjalanan meraih kesuksesan. Jika saat ini Anda belum menemukan tujuan hidup, segeralah menentukan sasaran itu. Jangan sampai Anda mengalami kegagalan karena belum tahu arah dan sasaran itu. Cukup sekian yang dapat penulis berbagi pada pembaca sekalian, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.




Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Carbebosnecess | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com
The Hottest Post×