Langkah Agar Bisa Bersikap Fokus ~ Dunia Usaha


Banyak orang punya impian besar ingin mewujudkan impiannya dalam meraih kesuksesan. Namun tak sedikit orang mengalami kegagalan. Mereka cenderung mengalami kegagalan dikarenakan, salah satu alasan diantaranya yakni kurang fokus terhadap apa yang ingin di wujudkan dari impian tersebut. Sejatinya segala sesuatu yang ingin digapai hendaklah bersikap fokus pada apa yang ingin dicapai. Alasan inilah yang menimbulkan banyak orang gagal meraih kesuksesan karena kurang fokus.

Dalam kesempatan kali ini penulis akan berbagi cara agar bisa mengendalikan suatu impian yang ingin dicapai dalam meraih kesuksesan tersebut melalui sikap fokus. Hal ini dirasa penting karena berdasarkan observasi serta dari berbagai sumber mengatakan bahwa dengan bersikap fokus pada suatu hal tertentu yang ingin dicapai, niscaya akan membuka peluang besar Anda meraih sukses. Jika Anda saat ini masih bermimpi ingin meraih kesuksesan maka tidak salah Anda membaca artikel ini hingga akhir.




Bagaimana Agar Bisa Fokus

Jika Anda adalah orang yang belum mampu bersikap fokus, coba lakukanlah hal berikut ini :

  • Tentukan terlebih dulu dengan jelas ide apa yang ingin Anda realisasikan
  • Biasanya akan ada banyak ide-ide impian yang ingin Anda wujudkan. Maka Anda harus menentukan dan menetapkan satu ide saja terlebih dulu yang dirasa paling penting dari ide lainnya. Anda pikirkan dengan matang ide mana yang tepat bisa didapatkan dengan pemikiran secara mendalam serta pertimbangan kelebihan dan kekurangan dari ide tersebut dan sejauh mana dapat direalisasikan.
  • Setelah Anda mendapatkan ide yang pasti, kemudian kumpulkanlah energi besar Anda agar seluruh pikiran tertuju pada satu tujuan ide yang ingin direalisasikan. Dalam hal ini dari putusan ide tersebut, Anda sudah mempersiapkan hal yang akan dilakukan nanti.
  • Mulailah merealisasikan ide yang sudah diputuskan dengan melakukan hal-hal yang sebelumnya telah Anda persiapkan.

Jika Anda mengalami permasalahan susah untuk fokus, cara diatas bisa dilakukan untuk membantu Anda agar fokus. Langkah diatas pun jika benar-benar dilakukan dengan baik, niscaya Anda meraih kesuksesan. Ada banyak orang yang melakukan langkah diatas hingga mereka memperoleh apa yang telah mereka impikan selama ini terwujudkan. Anda pun dapat melakukan hal yang sama seperti mereka yang sudah lebih dulu meraih kesuksesan.

Berikut ini ada sebuah contoh ilustrasi dari langkah agar bisa bersikap fokus pada hal yang ingin dicapai dalam meraih kesuksesan.
"Pak Junaidi yang sekarang berusia empat puluh tahun. Idealnya di usianya yang sudah empat puluh tahun semestinya ia sudah dapat menikmati hasil dari kerja kerasnya bersama istri dan anaknya. Sayangnya Pak Junaidi hingga di usianya empat puluh tahun, ia juga belum menikah atau belum mendapatkan istri dikarenakan keinginannya sendiri belum mau menikah jika belum mencapai sukses.

Sejak lulus kuliah hingga sekarang ini, berbagai macam usaha telah dilakukan Pak Junaidi, namun belaum ada satu pun yang berhasil. Dari lulus kuliah ia memang tidak ingin bekerja untuk orang lain. Ia lebih memilih bekerja sendiri walaupun ia harus berjuang banting tulang mati-matian. Setelah lulus kuliah ia tertarik untuk membuka usaha jasa servis televisi. Pak Junaidi mempunyai keahlian memperbaiki televisi karena ia berkuliah di jurusan elektronik. Ia pun mulai membuka usaha kecil-kecilan. Rumahnya dijadikan tempat usaha jasa servis televisi agar menghemat biaya. Berawal dari usahanya, ia mulai mendapatkan pelanggan yakni dari teman-temannya sendiri. Usaha Pak Junaidi mulai berjalan lancar sampai lima bulan kemudian.

Pada suatu hari, ia kedatangan teman lamanya dan temannya telah sukses mendulang dengan usaha yang dikelolahnya budidaya melon. Harga melon yang jarang anjlok membuat petani lebih sering diuntungkan. mendengar cerita temannya, Pak Junaidi pun mulai tertarik dengan usaha yang dilakukan temannya. Kebetulan Pak Junaidi masih mempunyai tanah yang cukup untuk bercocok tanam 1000 bibit melon. Ia pun mulai meminta bantuan temannya untuk mengajarinya menanam melon.

Karena kesibukannya dengan kegiatan yang baru mengurus melon, Pak Junaidi pun mulai menomorduakan usaha servis televisi. Banyak pelanggan yang harus menunggu waktu lama sampai televisi mereka selesai diperbaiki. Ia sebenarnya tak ingin melepas pekerjaannya sebagai tukang servis televisi, namun dirinya tidak bisa membagi waktu dengan budidaya melon. Lama kelamaan Pak Junaidi mulai kehilangan pelanggan dari usaha servis televisi. Ia tidak merasa kecewa sekalipun telah kehilangan pelanggannya karena ia masih bisa sibuk dengan melon. Sayangnya saat masa panen, hasil panenPak Junaidi kurang memuaskan, bahkan hasilnya tidak cukup dengan biaya perawatan. Pak Junaidi pun menanggung rugi.




Disaat ia kecewa karena rugi, temannya mengingatkan agar tetap fokus merawat melon. Ia menganjurkan pada Pak Junaidi agar banyak belajar dan membaca buku tentang cara merawat melon dengan baik. Pak Junaidi hanya mengiyakan nasihat tersebut tanpa bertindak lebih jauh. Ia sendiri mulai tertarik dengan usaha sablon kaos, yang bersamaan dengan masa pemilu. Pak Junaidi lantas membuka usaha sablon kaos dengan modal tabungannya. Karena ia pemain baru dalam usaha sablon kaos, ia belum banyak mendapatkan pelanggan, bahkan usahanya cenderung sepi. Ia pun kemudian beralih ke usaha peternakan ikan mujair.

Terus menerus Pak Junaidi berganti-ganti jenis usaha. Teman-temannya sudah mengingatkan agar ia fokus pada satu usaha saja, namun bagi Pak Junaidi semakin banyak usaha, akan semakin banyak peluang untuk sukses. Ia pun pernah mencoba budidaya rumput laut, foto copy, rumah makan dan lain-lain. Akhirnya hingga saat ini di usianya empat puluh tahun, usahanya tidak mundur dan juga tidak berkembang, hanya berjalan ditempat. Ia sebenarnya punya bakat dalam bidang usaha. Apa yang dikerjakannya pasti menghasilkan meskipun sedikit. Namun sayangnya ia tidak mau bersikap fokus sehingga sering berganti usaha hanya membuatnya rugi.

Dari ilustrasi diatas, apa yang salah pada diri Pak Junaidi?
Kesalahan pertama karena ia tidak bersikap fokus. Kesalahan kedua karena ia tidak dapat berkonsentrasi menjalani satu bidang usaha hingga usaha tersebut menjadi sukses. Lalu apa seharusnya dilakukan Pak Junaidi?

  1. Ia seharusnya menentukan dengan ide yang ingin direalisasikan. Ia terlalu banyak mempunyai ide meskipun ide yang dipikirkannya adalah ide yang baik, namun ia belum dapat memprioritaskan idenya. Seharusnya ia mempunyai list usaha yang ingin dikembangkan terlebih dahulu secara bertahap untuk di tempuh ketika satu usaha telah meraih sukses.
  2. Cobalah ia terlebih dulu berpikir ide manakah yang paling tepat untuk direalisasikan. Misalnya ia lebih menguasai elektronik karena ia lama berada di bidang tersebut, maka ia pun seharusnya memfokuskan diri pada servis televisi.
  3. Setelah ia mendapatkan ide yang pasti, ia harus mengumpulkan energi agar seluruh pikiran tertuju pada satu tujuan. Tujuan Pak Junaidi saat ini adalah usaha servis televisi, maka ia seharusnya memfokuskan pikiran jangan sampai terpengaruh dengan usaha yang lain.
  4. Cara terakhir Pak Junaidi harus mulai mengerjakan segala sesuatu hingga usahanya sukses. Ia harus rajin mencari informasi bagaimana cara mendatangkan pelanggan yang banyak. Ia harus belajar marketing agar pelanggannya semakin hari semakin bertambah.


Inilah yang dapat penulis berbagi pada sobat sekalian, semoga bermanfaat dan berguna bagi sobat sekalian dalam mencapai impian yang mungkin sampai saat ini belum terwujud dengan satu harapan sobat dapat melakukannya dengan langkah-langkah yang sudah penulis berbagi pengetahuan seperti diatas. Terima kasih atas kunjungannya dan sampai ketemu di artikel selanjutnya.



Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Carbebosnecess | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com
The Hottest Post×