Bersikap Fokus Dalam Mengelola Waktu ~ Mengejar Impian Sukses


Waktu memberikan kemudahan sekaligus bisa membuat kita terlena. Orang yang pintar mengelola waktu akan memanfaatkan waktunya semaksimal mungkin. Waktu membuatnya lebih matang di dalam bersikap maupun menentukan keputusan. Waktu juga banyak memberikan pelajaran pada kita dimasa lalu. Orang yang demikian pastilah sudah paham jika didasari suatu keinginan yang tinggi dan fokus pada satu tujuan sehingga tujuan tersebut begitu matang.

Terkadang juga kita terlena dengan waktu. Mengira jika setiap orang mempunyai waktu yang banyak 24 jam sehari, 7 hari seminggu, tentulah waktu yang lama. Orang yang mengira waktu begitu lama adalah orang yang rugi, karena ia tak mampu menyadari betapa berharganya waktu. Orang yang tidak bisa menghargai waktu, akan lebih banyak menggunakan waktunya bersantai ria dan mengerjakan segala sesuatu yang tidak bermanfaat atau tanpa semangat. Padahal orang yang mampu mengelola waktu dengan baik berpeluang besar untuk sukses di dalam hidupnya. Sebaliknya demikian orang yang tidak mampu mengelola waktunya dengan baik, sama saja ia membiarkan kesuksesan menjauh dari hidupnya.



Berikut ini ada sifat dasar waktu perlu diketahui agar dapat memanfaatkan waktu secara cerdas :

1. Waktu adalah berkah Tuhan

Setiap insan manusia diberi waktu yang sama sampai manusia tersebut menutup mata. Sebuah kesuksesan bisa dilihat bagaimana seseorang memanfaatkan waktunya sebaik mungkin dalam hidupnya. Orang yang kurang pandai memanfaatkan waktu pemberian Tuhan banyak yang hidupnya susah. Pemanfaatan waktu yang diberikan oleh Tuhan bukan hanya pemanfaatan waktu dengan banyak kegiatan dan aktivitas. Waktu harus dimanfaatkan secara cerdas bagi setiap insan manusia. Salah satu cara untuk memanfaatkan waktu dengan cerdas yakni membuat perencanaan secermat mungkin berdasarkan waktu yang jelas.

2. Waktu adalah kekayaan individual

Waktu adalah kekayaan individual, namun waktu tidak bisa diberikan oleh siapapun. Ada orang yang merasa waktu 24 jam tidak pernah cukup baginya. Bahkan ia meminta jika dalam sehari tidak hanya 24 jam saja namun 30 jam atau lebih. Sebaliknya adapula yang beranggapan, waktu begitu lama. Orang-orang yang menganggap waktu begitu cepat, menyadari jika waktu tidak bisa diputar kembali. Apa yang telah dijalani saat ini, detik ini tidak akan pernah terulang nanti.

3. Waktu tidak berubah

Sampai nanti dunia ini berakhir waktu tidak akan pernah berubah. Dalam satu hari tidak mungkin waktu berubah menjadi 20 jam atau bahkan 30 jam.

4. Waktu tidak dapat disimpan atau dikumpulkan

Jika waktu dapat disimpan dan dikumpulkan, maka orang-orang akan mengumpulkan waktu disaat mereka memiliki banyak waktu luang dan akan mempergunakannya saat mereka membutuhkan perpanjangan waktu. Sayangnya waktu tidak dapat disimpan meskipun hanya satu menit saja.

5. Waktu selalu berjalan maju

Apa yang terjadi dimasa lampau hanya menjadi sejarah dalam hidup. Sejarah tidak bisa berubah menjadi masa depan karena waktu hanya bergerak maju. Waktu tidak dapat bergerak mundur.




Lalu, apa hubungannya dengan sikap fokus dalam mengelola waktu yang baik? Orang yang mampu mengelola waktu dengan baik akan semakin dekat dengan tujuan yang hendak dicapainya. Orang yang fokus pada satu tujuan akan cepat meraih kesuksesan. Oleh karena itu pandailah kita menggunakan waktu luang untuk hal-hal yang berguna dan mendukung impian. Bersosialisasi juga perlu di perhatikan meskipun pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial. Pergunakanlah waktu dengan bijaksana untuk hubungan sosial terhadap bermasyarakat. Yang perlu di ingat adalah batasi waktu jika sosialisasi tersebut hanya dalam bentuk mengobrol yang tak ada pentingnya. Selain itu pandailah memanfaatkan jam karet yang barangkali sudah menjadi budaya buruk saat ini. Karena hal yang paling tidak menyenangkan adalah menunggu. Orang yang terbiasa menunggu akan merasakan kebosanan dan mungkin membuat emosi diri. Efisiensi waktu dan mutu sangat diperlukan untuk menuju kesuksesan. Dua orang yang sama-sama menunjukan hasil kerja yang baik belum tentu keduanya akan dipilih jika ada orang lain yang mampu mengerjakan dengan cepat dan hasil tak kalah bagus dari dua orang tersebut.



Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Carbebosnecess | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com
The Hottest Post×