Inilah Ragam Motivasi Diri Menggapai Kesuksesan



Pembaca yang budiman,. Dalam kesempatan ini penulis akan mengulas tentang ragam motivasi. Sudah barang tentu motivasi sangat di perlukan setiap orang dalam menggapai impian. Sebaliknya demikian, impian seseorang tak mungkin terwujud bila dirinya tidak ada motivasi sedikitpun. Istilah motivasi jika di definisikan adalah dorongan yang membuat orang melakukan suatu tindakan. Motivasi menjadi dasar mengapa kita melakukan sesuatu. Motivasilah yang melatarbelakangi kita bersemangat menggapai impian itu.

Tindakan apapun yang kecil hingga yang besar sekalipun pasti terjadi karena adanya motivasi. Contoh dekat saja, kalau Anda rajin menabung, berolahraga, berpenampilan rapi atau rajin membaca, apakah hal ini Anda lakukan begitu saja? Tentu tidak, bukan.? Semuanya selalu ada alasan yang membuat Anda bergerak melakukannya. Nah, itulah motivasi.
ngin memiliki rumah, mobil mewah sehingga Anda termotivasi untuk menabung atau mungkin Anda ingin memiliki tubuh yang sehat sehingga Anda melakukan olahraga secara teratur hingga membentuk tubuh yang atletis. Anda berpenampilan rapi bisa jadi karena ingin meningkatkan imej positif di depan orang. Anda rajin membaca mungkin saja ingin tampil sebagai orang yang berwawasan luas. Karena membaca merupakan jendelanya dunia. Dengan membaca Anda bisa mengenal banyak hal.




Seorang karyawan bersemangat dalam bekerja karena memiliki motivasi. Seorang pengusaha rela menghabiskan waktu liburnya untuk lembur karena memiliki motivasi. Seorang guru mau bersabar dalam mendidik anak muridnya karena memiliki motivasi. Begitu seterusnya. Intinya, apapun tindakan yang kita lakukan selalu ada motivasi yang melatarbelakanginya. Bahkan aktivitas makan dan minum yang kita lakukan setiap hari itupun tak lepas dari adanya motivasi, yaitu karena kita merasa lapar dan haus.

Disisi lain, ketiadaan motivasi meninmbulkan keengganan dan kemalasan bertindak. Anda bisa saja malas bekerja, malas berolahraga, malas membaca atau menabung karena tidak memiliki motivasi. Apakah mungkin seseorang malas makan? Sangat mungkin. Saat seseorang kenyang atau ketika seseorang mengalami strees, depresi atau yang lebih parah disorientasi hidup.

Satu aktivitas yang sama bisa digerakan oleh beragam motivasi yang berbeda. Kita ambil contoh orang bekerja. Seseorang mau bekerja boleh jadi karena termotivasi uang. Ia di gaji besar atas pekerjaannya itu. Sementara orang lain sudi bekerja bukan karena uang melainkan pekerjaan itu memang sudah passion-nya. Ia mencintai apa yang ia lakukan. Ada lagi orang yang mau bekerja bukan karena ia suka pekerjaan itu, tapi semata demi sebuah pengabdian membantu sesama.

Seorang pelajar termotivasi belajar dengan giat bisa jadi karena ingin mengincar iming-iming hadiah yang dijanjikan orangtuanya. Bisa juga termotivasi karena tantangan dari teman yang menjadi saingannya di sekolah, atau hanya keinginan mengejar pengakuan dari orang-orang disekitarnya. Jadi kesimpulannya adalah satu aktivitas tertentu bisa digerakan oleh motivasi yang berbeda-beda meskipun pengaruh yang sama, yaitu membuat seseorang bertindak.




Secara teori, motivasi yang menggerakan manusia dibedakan menjadi dua tipe besar. Yang pertama adalah motivasi positif, yaitu dorongan melakukan sesuatu karena mengejar nikmat. Yang kedua motivasi negatif, yaitu dorongan melakukan sesuatu karena bertujuan menghindari sengsara. Mengejar kenikmatan dan menghindari kesengsaraan memang insting alami setiap manusia, termasuk kita. Seperti contoh berolahraga di atas, kita termotivasi berolahraga karena ingin sehat yang artinya kita sedang mengejar nikmat. Atau kita termotivasi berolahraga karena tidak ingin sakit yang artinya kita sedang berusaha menghindari sengsara.

Pentingnya motivasi dalam kehidupan sudah tidak perlu diragukan lagi. Setiap kita membutuhkan motivasi. Lihat saja berapa banyak orang yang rela mengeluarkan rupiah mengikuti seminar demi membuat diri mereka termotivasi. Motivasi adalah mesin penggerak yang membuat kita mau melakukan sesuatu. Tanpa motivasi kita enggan memulai suatu bisnis. Tanpa motivasi kita menjadi malas untuk belajar. Tanpa motivasi bahkan pekerjaan yang ringan sekalipun sulit sekali terselesaikan. Tanpa motivasi kita juga menjadi sangat lemah hingga saat diterpah hambatan sedikit saja langkah yang sudah terayun berhenti seketika.

Upaya meraih sukses semuanya butuh motivasi. Tanpa motivasi hanya membuat kita malas-malasan dan mendekatkan pada kegagalan meraih impian. Padahal sesuatu yang penting dalam perjalanan menuju sukses dibangun dari satu langkah demi satu langkah. Kita tidak akan sampai pada tujuan jika tidak mengayunkan langkah-langkah tersebut. Jika kesuksesan di ibaratkan mobil, maka motivasi adalah bahan bakarnya. Tanpa bahan bakar mobil tidak bisa akan jalan. Demikian juga dengan kesuksesan. Kesuksesan tidak akan pernah tercapai tanpa adanya motivasi.

Runutan sederhananya begini. Kesuksesan itu akumulasi  dari tindakan-tindakan yang kita lakukan. Sedangkan tindakan itu sendiri bisa terjadi apabila kita memiliki motivasi yang menggerakannya. Tanpa motivasi Anda tidak tergerak melakukan tindakan. Dan tanpa tindakan sudah barang tentu kesuksesan tidak akan pernah ada. Dengan demikian, jelas sudah peran penting motivasi. Motivasi adalah faktor yang sangat menentukan terwujudnya kesuksesan. Karena itu berbicara kesuksesan, kita juga musti paham betul bagaimana menemukan motivasi diri. Memang perjalanan menuju sukses itu adalah melalui sebuah proses yang panjang. Sehingga diperlukan motivasi, karena tanpa motivasi semuanya akan terhenti di tengah jalan. Tanpa motivasi akan mudah kehilangan semangat sebelum mencapai tujuan. Bahkan tanpa motivasi, kita tidak akan mampu menghasilkan satupun pencapaian.




Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Carbebosnecess | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com
The Hottest Post×