Merumuskan Motivasi Sukses Anda ~ RENUNGAN SUKSES



Pada artikel sebelumnya penulis sudah pernah mengulas tentang ragam motivasi. Dan pada kesempatan kali ini akan membahas tentang merumuskan motivasi sukses itu sendiri. Meskipun artikel tentang motivasi telah banyak di angkat dalam dunia internet, namun tak salahnya penulis berbagi pengetahuan pada pembaca akan pentingnya merumuskan motivasi sukses. Berbicara tentang motivasi memang menjadi dasar utama bagi setiap orang dalam mengejar kesuksesan meskipun dengan jalan berbeda yang dilakukan. Ada yang dilandasi tujuan membahagiakan keluarga, misalnya ada yang mengejar sukses karena keluar dari kemiskinan yang selama ini menjeratnya. Yang lainnya ada yang menggebu-gebu mengejar sukses karena terlecut oleh tantangan untuk terus berkembang. Bhakan ada pula yang motivasi suksesnya muncul karena merasa diremehkan, atau direndahkan orang lain.

Lalu, Apa motivasi sukses Anda?

Apakah selama ini Anda sudah memilih motivasi hingga terdorong kuat untuk mencapai kesuksesan? Jika belum, kini waktunya Anda untuk merusmuskan motivasi sukses Anda sendiri, yaitu sebuah alasan mengapa Anda begitu menginginkan kesuksesan. Sebuah alasan yang membuat Anda merasa wajib mencapai keberhasilan dimasa mendatang. Tidak ada aturan khusus dalam merumuskan motivasi. Anda bebas memikirkan apapun alasan untuk sukses. Tidak ada motivasi yang salah dan benar. Apapun itu, selama motivasi yang Anda tetapkan mampu mendorong dan bertindak mencapai tujuan, ambilah motivasi itu.



Motivasi yang baik adalah motivasi yang kuat, yang membuat kita bergairah mengejar mimpi. Hal itulah yang membuat kita lebih terdorong dan bersemangat meraih kesuksesan. Motivasi inilah yang nantinya menjadi pelecut langkah kita. Barangkali Anda perlu waktu menemukan motivasi yang tepat. Tidak masalah, tetaplah mencari. Teruslah membuat rumusan motivasi yang benar-benar kuat.  Dengan motivasi yang kuat akan menjadi tiket Anda memasuki gapura istana bernama kesuksesan.

Bila saat Anda masih sering merasa sangat malas, kurang bersemangat dan suka menunda suatu tindakan, bisa jadi itu adalah indikasi bahwa motivasi diri yang Anda miliki masih belum benar-benar kuat. Karena itu Anda perlu mencari motivasi lain yang lebih kuat lagi. Gantikan motivasi lama Anda dengan motivasi baru yang lebih membangkitkan semangat Anda bergerak dan bertindak. Setelah berhasil menemukan dan merumuskan motivasi sukses Anda, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menjadikannya sebagai pegangan langkah kedepan. Jadikanlah motivasi tersebut sebagai pembakar semangat setiap saat. Ingatkanlah diri Anda setiap hari apa tujuan sukses yang hendak diraih dan mengapa Anda harus meraihnya.
Bila perlu, buatlah afirmasi agar motivasi sukses Anda tertanam kuat dalam pikiran. Tuangkanlah dalam sebuah kalimat, tuliskan dan tempel ditempat pribadi yang mudah terlihat setiap hari oleh Anda agar tak mudah terlupakan barang sehari.

Memiliki motivasi sukses itu penting. Tapi tak kalah penting adalah mempertahankan motivasi tersebut. Kita harus merawat motivasi yang telah kita miliki supaya tetap kokoh. Sehingga kedepan ada lebih banyak tindakan yang terealisasi. Selama kita mampu mempertahankannya perlahan tapi pasti kian hari pasti Anda semakin dekat dengan tujuan. Menjaga motivasi bukanlah pekerjaan mudah, justru usaha merawat motivasi ini seringkali lebih berat ketimbang proses menemukan. Mengapa begitu? Ya, karena banyak hal yang kita lalui dalam hidup ini bisa dengan mudah melunturkannya. Beragam realitas hidup yang kita rasakan bisa melemahkan motivasi itu. Kalau Anda tidak hati-hati, motivasi yang sudah tertanam bisa saja terkikis sedemikian rupa. Tak menutup kemungkinan pada akhirnya Anda berada di titik motivasi terendah.
Saat motivasi melemah, yang Anda perlukan Adalah langkah-langkah jitu membangkitkan motivasi kembali.




Lalu, Bagaimana caranya?

Sebetulnya banyak cara yang bisa Anda lakukan. Tapi disini penulis hanya berbagi tiga point pokok saja, diantaranya :

A. Mengingat Kembali Tujuan Anda

Kapan kita bersengat dan bertindak melakukan sesuatu? Jawabannya ketika kita memiliki tujuan. Saat kita punya keinginan membeli rumah, misalnya. Secara otomatis kita tergerak untuk mewujudkan keinginan itu. Kita akan bersemangat mengumpulkan uang, berbagai cara pun kita lakukan. Entah itu berbisnis, menabung atau yang lainnya. Keinginan memiliki rumah adalah tujuan. Dengan adanya tujuan itu, kita menjadi giat berusaha. Bandingkan dengan jika kita tidak memiliki tujuan, tentu kita tidak bergerak sama sekali untuk mewujudkannya, karena memang tidak pernah ada tujuan yang perlu diwujudkan.
Oleh karena itu, menentukan tujuan menjadi satu langkah penting ke selanjutnya dalam perjalanan menuju sukses. Apa dan bagaimana merumuskan sebuah tujuan nanti akan kita bahas dilain kesempatan.

B. Tingkatkan Keyakinan Diri

Sudah barang tentu keyakinan memegang peranan penting dalam membangkitkan motivasi diri. Keyakinan bahwa kita mampu dan bisa mencapai kesuksesan itu. Melemahnya keyakinan merupakan salah satu biang kerok lunturnya motivasi. Saat Anda mulai ragu, motivasi Anda akan menurun. Anda semakin ragu, maka motivasi Anda akan terus jatuh ke titik paling rendah. Karena itu, terus perkuat keyakinan diri. Tidak ada yang mustahil bila kita percaya. Kita memiliki potensi yang diperlukan untuk sukses. Dan tugas kita adalah menggali dan mengoptimalkan potensi tersebut. Caranya adalah dengan belajar, mencoba dan melatih diri.

C. Berpikir Positif

Dengan berpikiran positif akan sangat membantu Anda kembali mendapatkan motivasi diri yang kuat. Berpikir positif membuat Anda melihat segala sesuatu dari sisi yang lebih baik. Alih-alih menghujat diri dan keadaan, berpikir positif menjadikan Anda mampu mengambil hikmah dari kesalahan-kesalahan yang terjadi sebelumnya. Dengan demikian berpikir positif dapat membangun keyakinan diri. Dan keyakinan diri selanjutnya membangkitkan motivasi.

Inilah yang dapat penulis berbagi pada pembaca sekalian, semoga membawa manfaat untuk kita semua. Dan sebagai penutup dari artikel ini bahwa hari ini sangat menentukan hari-hari Anda berikutnya. Hari ini adalah miniatur dari keseluruhan rangkaian hidup Anda. Tinggi rendahnya motivasi diri Anda di hari ini akan mempengaruhi kesuksesan Anda dimasa mendatang. Oleh karena itu, penulis berpesan selalu bangkitkan motivasi diri Anda di setiap hari yang Anda lalui. Saat motivasi tersebut melemah, segeralah membangkitkannya kembali. Jangan pernah membiarkan satu pun hari Anda berlalu tanpa memiliki motivasi. Sebab, tindakan-tindakan sekecil apapun yang Anda lakukan kelak terhimpun menjadi sebuah kesuksesan.




Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Carbebosnecess | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com
The Hottest Post×