KEBIASAAN Adalah Senjata Ampuh yang Membawa Anda Pada Tujuan Akhir



Pembaca yang budiman,. Masih ingatkah pada artikel sebelumnya penulis pernah mengulas tentang "KEBIASAAN". Dan kesempatan kali ini penulis mengangkat topik tentang Kebiasaan adalah senjata ampuh bagi Anda dalam meraih kesuksesan. Mungkin topik ini bagi pembaca sekalian terlalu alay kedengarannya. Namun pada faktanya mereka yang telah meraih sukses terlebih dulu, mengalami hal diatas karena hal kebiasaan yang ada dalam diri mereka teratasi hingga mereka dapat berhasil seperti sekarang. Nah, mari kita ulas akan topik diatas berikut ini

Pada umumnya tubuh kita menjadi sehat karena kebiasaan. Yakni kebiasaan makan yang kita miliki, kebiasaan olahraga yang kita lakukan dan lain-lain sebagainya. Kita dinilai oleh orang juga karena kebiasaan yang kita tampilkan. Dinilai ramah jika kita terbiasa menyunggingkan senyuman, rajin menyapa dan bertutur kata sopan. Kita juga dinilai terpercaya jika kita terbiasa menepati janji. Dan juga dinilai jujur jika kita terbiasa apaadanya, tidak berbohong menutupi sesuatu. Begitu seterusnya.




Hal ini berlaku untuk semua aspek kehidupan, termasuk pula pada kesuksesan. Kebiasaan merupakan sesuatu yang sangat besar perannya dalam kesuksesan. Kebiasaan kerja kita apakah disiplin, apakah bekerja keras atau justru menunda-nunda. Hal ini sangat mempengaruhi sukses tidaknya kita dimasa mendatang. Jika Anda ingin meraih sukses , maka Anda perlu membentuk kebiasaan-kebiasaan yang nantinya akan menjunjung tercapainya tujuan tersebut. Jika ingin financial Anda baik, maka periksalah kebiasaan-kebiasaan Anda. Apakah Anda punya kebiasaan menabung? atau Anda punya kebiasaan menghemat pengeluaran? Dan atau apakah punya kebiasaan memperhitungkan antara pemasukan dan pengeluaran?

Jika Anda terbiasa bermalas-malasan duduk di sofa empuk sembari makan cemilan, jangan pernah berharap bisa sukses dalam hidup. Untuk sukses diperlukan usaha dan kerja keras. Dan kita bisa bekerja keras karena terbiasa. Tanpa terbiasa kerja keras, maka rintangan sedikit saja membuat kita cepat berhenti berusaha. Dalam cakupan yang lebih luas, kebiasaan jugalah yang bisa membentuk skill atau kemampuan seseorang. Semakin sering orang melatih sesuatu, semakin hebat orang tersebut dalam menguasainya.

Seorang pemain sepakbola yang memiliki kemampuan menendang bola seperti Cristian Ronaldo, sudah bisa dipastikan bahwa ia bukanlah orang yang baru berlatih menendang bola satu atau dua minggu saja. Orang tersebut jelas telah melatih tendangan dan membiasakannya ratusan hingga ribuan kali. Begitu juga dengan seorang Lionel Messi pemain sepakbola dunia yang sempat menyabet gelar pemain terbaik sebanyak tiga kali berturut-turut, mendapatkan semua skill hebatnya karena kebiasaan. Lionel Messi diketahui sejak kecil telah berlatih sepakbola, sehingga dalam rentang waktu belasan tahun hingga menjadi pemain profesional baik di liga maupun dunia internasional. Bukan hanya itu saja bahkan ia terus berlatih setiap hari dan hasilnya bisa dilihat sekarang begitu mengagumkan penampilannya dalam menggiring sekulit bundar.

Inilah kekuatan dahsyat dari sebuah kebiasaan. Ingin menjadi apa kita saat ini, semuanya dimulai dari kebiasaan yang kita miliki. Jika ingin sukses maka tak ada pilihan bagi kita selain membentuk kebiasaan sukses, yakni kebiasaan-kebiasaan yang bisa membawa kita pada kesuksesan. Bila kita memiliki kebiasaan baik untuk selalu berolahraga setiap hari, maka kita akan memiliki daya tahan tubuh dan daya konsentrasi kerja yang lebih tinggi daripada orang yang jarang atau tidak pernah berolahraga sama sekali. Namun bila kita memiliki kebiasaan baik dan selalu disiplin datang ditempat kerja tepat waktu dan membuat rencana kerja agar kita bisa bekerja lebih efektif dan efisien, maka sudah pasti kita akan memperoleh nilai tinggi dari pimpinan dan kesempatan mengembangkan karier semakin terbuka lebar.



Oleh karena itu, meraih kesuksesan dalam hidup yang di impikan saat ini oleh Anda, ada di dalam genggaman pilihan Anda sendiri. Mau memilih melatih dan mempertajam kebiasaan baik, atau mempertahankan kebiasaan yang tidak bermanfaat sama sekali dalam kehidupan Anda. Bila kebiasaan negatif terus menempel pada diri Anda maka sangat berpotensi menghalang Anda menggapai kesuksesan. Kebiasaan negatif inilah yang akan membuat Anda tidak produktif. Luangkanlah sedikit waktu Anda khusus berpikir dan mengamati seluruh kebiasaan Anda sehari-hari.

Ada baiknya Anda meminta bantuan orang-orang terdekat yang mengenal Anda secara baik untuk menyatakan penilaian mereka tentang kebiasaan-kebiasaan yang Anda miliki selain melalui pengamatan pribadi. Penilaian orang-orang ini biasanya lebih objektif. Jika tiga dari lima orang menyatakan Anda memiliki kebiasaan negatif berupa sulit menepati janji, maka pendapat ini bisa jadi memang sebuah kebenaran. Yang harus Anda lakukan adalah menerimanya dengan lapang dada.

Setelah mengenali apa saja kebiasaan buruk yang Anda miliki, lalu apa langkah selanjutnya?

Langkah selanjutnya adalah membuat rencana tindakan untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Jika Anda sudah menetapkan misalnya bahwa kebiasaan merokok adalah kebiasaan buruk yang harus Anda hilangkan, maka buatlah rencana tindakan untuk mewujudkannya. Misalnya Anda akan berkonsultasi kepada Ahli terapi bagaimana cara efektif untuk berhenti dari kebiasaan merokok. Bisa juga Anda meminta bantuan teman yang telah berhasil menghentikan kebiasaan merokok. Bisa juga Anda membuat rencana untuk menghindari komunitas perokok dan mulai menggabungkan diri dalam kelompok yang bebas perokok. Intinya, buatlah rencana-rencana spesifik yang mendukung tercapainya tujuan Anda menghilangkan kebiasaan buruk. Semakin detail rencana tindakan yang Anda buat, semakin baik.




Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Carbebosnecess | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com
The Hottest Post×