Inilah Penghambat Kesuksesan "Susah Fokus"

Susah Fokus,..

Sedikit sekali orang ang bisa fokus menekuni satu bidang tertentu. Beberapa dari kita cenderung suka mempelajari dan menekuni banyak hal dengan tujuan ingin menguasai banyak bidang. Padahal, keputusan semacan ini hanya akan memecah konsentrasi yang seharusnya terbangun dengan kokoh.

Untuk bisa fokus memang tidak mudah. Sebelumnya, terlebih dulu kita harus menentukan tujuan utama yang hendak dicapai. Segera putuskan apa yang kita inginkan, lalu fokuslah seperti sinar laser. Fokuskan perhatian kita pada tujuan itu. Tanpa tujuan yang jelas, kita akan kewalahan memaksa diri kita untuk fokus. Ketika tujuan yang akan kita lakukan menuju sukses sudah jelas, barulah kita bisa fokus mengerjakannya. Jika kita fokus pada satu bidang atau tujuan, kita pun akan cepat dan mudah menguasai bidang tersebut sehingga menjadi ahli dalam  bidang itu.



Kita harus senantiasa mengerti mana pekerjaan utama yang menjadi fokus kita dan mana saja pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya sebagai pekerjaan tambahan. Singkirkan pekerjaan atau aktivitas yang mengganggu dan menghambat pekerjaan pokok kita. Pekerjaan-pekerjaan semacam itu hanya akan mengalihkan perhatian kita pada fokus utama. Sebagimana diungkapkan oleh penulis C.S. Lewis, "Setiap orang memiliki beberapa tema utama dalam hidupnya". Tema-tema utama inilah yang harus menjadi fokus kita. Tanpa tema yang jelas, kita akan kewalahan menentukan fokus bidang yang akan kita geluti.

Dalam prosesnya menjalani sifat fokus, kita akan menemukan banyak gangguan dan godaan yang merusak fokus kita yang seringkali tampak lebih menjanjikan. Itulah ujian bagi orang-orang yang hendak fokus. Godaan-godaan itu bisa berupa iming-iming pekerjaan lain yang terkesan lebih menyenangkan, menjanjikan dan menggiurkan. Namun bagaimanapun kita harus memahami bahwa fokus merupakan kunci penting dalam mencapai kesuksesan. Jika kita bisa fokus, kita akan lebih cepat bisa menguasai keahlian dibidang tertentu.

Sayangnya, banyak orang belum menyadari pentingnya memiliki satu keahlia dalam hidup mereka. kebanyakan orang memilih melakukan dan belajar banyak hal, namun tidak mencari tahu bidang mana yang hendak ditekuninya. Banyak orang enggan fokus pada satu bidang tertentu sehingga orang menjadi biasa-biasa saja dalam banyak hal, namun tidak menguasai apapun. Itulah yang menentukan pentingnya makna fokus.

Mengenai kekuatan fokus ini, sudah ada banyak bukti yang menunjukkan manfaatnya. Kita bisa menengok kisah kesuksesan Bill Gates yang berhasil merajai dunia aplikasi berkat ia fokus menekuni dunia komputer sejak masa kecil.  Berkat fokus di dunia aplikasi, ia berhasil mendirikan Microsoft yang sukses membawanya menjadi pengusaha terkaya di dunia. Dalam buku The Bill Gates Way (2008), Des Dearlove menuliskan bahwa diantara sepuluh rahasia sukses Gates tidak pernah kehilangan fokus menjadi salah satu faktor penyebab kesuksesan Gates.




Gates telah berada di puncak selama lebih dari dua dekade. Di masa lalu, dia telah menjadi orang terkaya di dunia. Sangat lumayan untuk seorang yang baru berusia 40an tahun. namun di luar semua kekayaan yang melimpah dan prestasi besarnya, Gates tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. Dia pernah mengatakan, dirinya didorong rasa takut terpendam bahwa dia akan kehilangan hal besar berikutnya. Dia tak punya niat mengulang kesalahan perusahan komputer dominan lain, seperti IBM dan Apple.

Di bidang yang sama, kita juga bisa melihat kesuksesan yang diraih Mark Zuckerberg, si pencipta jejaring sosial Facebook. Zuckerberg juga sama halnya dengan Gates, ia fokus menekuni dunia pemrograman komputer sejak masa kecil. Beruntungnya, Zuckerberg punya orangtua yang memerdulikan minat dan bakatnya di dunia komputer.

Meskipun ada banyak tawaran karier yang tampak lebih menjanjikan, Zuckerberg tak pernah sekalipun mengkhianati tekadnya untuk keluar dari jalur yang sudah ditetapkannyasendiri. Dengan alasan ingin menekuni bisnis yang dibangunnya di Facebook, Zuckerberg rela berhenti dari Harvard University. Pada waktu itu ia mengambil jurusan yang jauh dari dunia komputer, yakni psikolog.

Keputusan Zuckerberg meninggalkan bangku kuliah tak sia-sia. bagaimana ia berfokus pada dunia teknologi membuat Zuckerberg berhasil mendulang kesuksesan gemilang. Zuckerberg berhasil menciptakan Facebook dan karena temuannya itu, ia berhasil menjadi pria muda terkaya di dunia. 

Dengan bercermin dari orang-orang yang luar biasa diatas dalam meraih sukses dengan fokus pada bidang pekerjaan yang ditekuninya, lalu bagaimana dengan kita? Apakah kita sudah terbebas dari kebiasaan susah memfokuskan diri pada tema utama yang menjadi tujuan kita? Jika belum, kita harus dengan segera mengubah kebiasaan buruk atas sikap kita sekarang ini. Sebab kalau tidak, kita akan susah menguasai keahlian yang kita miliki dan mencapai kesuksesan gemilang dibidang yang kita sukai.



Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Carbebosnecess | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com
The Hottest Post×