Adaptif Pada Kondisi Baru Menuntut Keberanian Diri ~ KIAT KEPEMIMPINAN



Sebuah keputusan kadang sangat sulit untuk dibuat, meskipun keinginan sudah sangat kuat dalam diri kita, apalagi keputusan yang berhubungan dengan mengambil langkah baru dalam hidup kita. Tentu saja hal ini berkaitan dengan perubahan dalam hidup kita. Kita akan kehilangan masa-masa atau kondisi-kondisi yang sudah nyaman, kemudian melakukan hal yang sama sekali baru.
Ada banyak tuntutan ketika kita membuat keputusan untuk mengambil langkah baru. Hal pertama yaitu menuntut kita untuk bersikap adaptif dan fleksibel, menerima keadaan baru tersebut, mempelajarinya, kemudian menaklukannya. Sikap adaptif kita sangat menentukan bagaimana kita bisa bertahan dalam kondisi yang baru.



Hal kedua, yaitu bagaimana kita mengendalikan kondisi baru tersebut dibawah kekuatan kita. Kita akan mempelajari kondisi baru tersebut, kemudian menaklukannya, sehingga kita mampu menguasai dan mengendalikan kondisi baru tersebut. Ke semua itu menuntut keberanian kita untuk menghadapi perubahan, bahwa resiko hidup selalu ada di sisi kita. Namun, kita kan menjadi lebih baik, jika kita berani mengambil dengan langkah baru untuk menemukan kekuatan diri kita yang sesungguhnya.

Seorang pemimpin sejati tidak akan asing dengan kondisi ketika mengambil langkah baru. Dia akan sangat terbiasa dengan perubahan dan siap beradaptasi akan kondisi yang baru tersebut. Dia juga akan mempelajari kondisi baru tersebut untuk mencapai kesuksesan yang dia inginkan.
Pemimpin sejati tidak akan membiarkan membiarkan keraguan menghalangi langkahnya. Dia akan menyingkirkannya, sehingga mampu mencapai perubahan yang memang sudah direncanakan dan sudah dalam kendalinya. Semua sudah dipikirkan dengan baik, agar perubahan tidak menghancurkan apa yang telah dia raih.

terlalu banyak berpikir juga bisa menghambat kita dalam mengambil langkah baru. Segala kemungkinan memang bisa terjadi, apalagi resiko sangat mungkin menghinggapi diri kita ketika mengambil langkah baru. Namun, jika kita tidak mencoba menaklukannnya, maka bukan kesuksesan yang hendak kita raih. Kita akan berada terus-menerus pada zona nyaman yang membunuh kualitas-kualitas yang kita punya.



Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Carbebosnecess | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com
The Hottest Post×