Kepribadian Adaptif Di Segala Medan Dan Situasi~KIAT KEPEMIMPINAN



Pertumbuhan selalu berproses melalui perubahan. Artinya, tidak ada pertumbuhan tanpa perubahan. Begitu pula, tidak akan ada perubahan tanpa langkah baru. Dengan kesadaran tersebut, maka dapat dikatakan bahwa tidak akan ada keberhasilan dalam langkah baru jika tidak memiliki kepribadian yang adaptif.



Seorang pemimpin seharusnya adalah pribadi yang adaptif. Ia adalah pembelajar sejati, yaitu orang yang selalu beradaptasi dengan pengetahuan baru dan membuat langkah baru untuk menggapai kondisi baru yang harus dikenali dan diadaptasikan, agar dapat dimiliki dalam rengkuhannya. Orang yang berkepribadian adaptif selalu memiliki kemampuan mengatasi secara efektif terhadap keadaan yang sedang menjadi atau sedang dialami. Ketika musim hujan, orang berkepribadian adaptif selalu menyiapkan payung untuk suatu saat dia harus keluar dari rumah. Dia juga harus menyiapkan diri untuk tetap hangat agar tidak mudah terserang influensa.

Dengan demikian orang yang berkepribadian adaptif mampu melakukan fungsi otonomi diri. Dia bergerak sesuai dengan kondisi dan situasi secara cermat dan tepat. Selain mampu melakukan fungsi otonomi diri, dia juga memiliki tanggung jawab sosial. Artinya, dia mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan dan mampu menyesuaikan diri dengan orang-orang disekitarnya.

Perilaku adaptif berhubungan langsung dengan kemandirian seseorang untuk mencapai keberhasilan. Dia melakukan tugas dengan baik dan mampu memantau perilaku pribadinya di lingkungan masyarakat dimana dia berada. Dia juga dapat menerima semua resiko atau tanggung jawab atas pengambilan suatu keputusan.

Orang-orang yang memiliki kemampuan adaptif tingkat tinggi, lebih berhasil daripada orang introvert yang tidak mampu bernegosiasi dengan kondisi, situasi, dan lingkungan dimana dia berada. Seorang pemimpin yang baik yaitu orang yang mampu beradaptasi dengan kondisi ataupun situasi apapun, sehingga program kerja yang direncanakan dapat mencapai kesuksesan. Orang-orang yang bekerja bersamanya juga bisa merasakan kesuksesan yang sama seperti yang dia rasakan. 



Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Carbebosnecess | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com
The Hottest Post×