Mengembangkan Potensi Kepemimpinan Diri



Selalu Siap menghadapi Dan Menjalankan Perubahan

Anda pasti tahu kemampuan dari teman-teman Anda yang sekarang telah mencapai sukses bukan? kemungkinan menurut Anda bahwa kemampuan mereka tidak jauh berbeda dengan Anda sekarang ini. Anda sadar bahwa dari kecil Anda sangat mengenal mereka, tidak ada perbedaan yang signifikan antara Anda dan mereka. Namun, ketika kesuksesan berada di tangan mereka dan Anda masih berada di posisi yang saat ini, tiba-tiba Anda memasrahkan kemampuan Anda begitu saja. Anda menganggap teman Anda lebih pintar dari Anda.

Hal-hal semacam ini terkadang terbesit dipikiran masing-masing orang yang berasumsi bahwa ini adalah jalan takdir dari sang maha pencipta, sehingga mematahkan semangat hidup untuk terus berusaha atau memasrahkan segala sesuatu yang menimpah diri mereka. Jika Anda mau melihat dengan saksama, tentu Anda akan menemukan kunci kesuksesan yang teman-teman Anda peroleh saat ini. Kunci kesuksesan itu yakni selalu siap menghadapi dan menjalankan perubahan.
Cobalah Anda amati diri Anda saat ini, apakah Anda masih berada ditempat yang sama dengan sepuluh tahun yang lalu? Apakah Anda berada dalam cara berpikir yang sama seperti sepuluh tahun yang lalu? Jika jawabannya masih berada dan berpikir sama dengan sepuluh tahun yang lalu, itu berarti Anda menyia-nyiakan potensi Anda untuk memimpin diri sendiri dan orang lain terus dalam mencapai kesuksesannya. Anda menyia-nyiakan perubahan yang seharusnya bisa Anda lakukan untuk mencapai kesuksesan itu.




Manusia secara alamiah adalah makhluk yang selalu berubah. Awal dilahirkan sebagai bayi dengan kemampuan sangat terbatas,kemudian belajar merangkak sampai bisa berjalan. Perubahan inilah yang terus berlangsung dalam diri seseorang sampai ia meninggal. Tidak ada manusia yang terus-menerus dalam kondisi bayi dan tidak ada manusia yang terus-menerus dalam kondisi tua. Semuanya akan mengalami perubahan untuk meningkatkan status atau kondisi seseorang. Ketika masih bayi Anda baru bisa memiliki kemampuan tertentu, misalnya menyebutkan sesuatu, memegang benda, merangkak atau akan mengalami kondisi tubuh yang tidak normal, bisa panas, atau menangis saja. Ketika bayi pun akan mengalami tumbuhnya gigi, tubuhnya juga akan mengalami kondisi yang tidak normal.

Peristiwa alamiah tersebut tentu menjadi pelajaran berharga bagi kita, bahwa perubahan itu mesti ada dalam hidup kita. Memang perubahan membuat seseorang merasa tidak nyaman. Ada sesuatu yang harus dilalui sehingga naik ke tingkat yang lebih tinggi. Seyogianya, kita sebagai manusia menyadari betul, bahwa perubahan adalah sesuatu yang niscaya tidak terhindarkan, kecuali kita tidak mau mengalami hal-hal yang lebih baik. Seseorang yang memiliki sifat pembelajar sejati adalah orang yang selalu menyukai perubahan. Sementara seorang pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang memiliki sifat pembelajar sejati dan selalu belajar serta menyukai pada perubahan ke arah yang positif.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Carbebosnecess | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com
The Hottest Post×