Semua Orang Memiliki Potensi Yang harus Dikembangkan ~ KIAT KEPEMIMPINAN



Semua orang memiliki potensi yang harus dikembangkan. Ada dua potensi utama yang ada pada setiap insan, yakni potensi kecerdasan otak dan potensi kecerdasan emosi. Tuhan tidak menciptakan satu pun manusia tanpa memberinya potensi yang dapat dikembangkan dan digunakan oleh manusia untuk bertahan hidup. Potensi kecerdasan otak dan potensi emosi membuat seseorang berbeda dari lainnya, karena seseorang tersebut bisa mengembangkan potensi dirinya.

Potensi terbesar manusia adalah kecerdasan otak. Kecerdasan otak merupakan salah satu karunia paling hebat yang diberikan oleh Tuhan . Kecerdasan otak, dalam bentuk fisik otak, mengatur seluruh fungsi tubuh, mengendalikan seluruh perilaku dasar manusia untuk makan, bernapas, metabolisme tubuh dan lain-lain.
Seperti diketahui, otak manusia adalah sumber kekuatan dahsyat yang dimiliki oleh manusia. Para ahli psikologi mengklasifikasikan otak menjadi dua bagian, yaitu otak kiri dan otak kanan. Otak kiri berfungsi untuk menghafal dan mengingat, logika dan berhitung, menganalisis, memutuskan dan bahasa. Sedangkan otak kanan berfungsi untuk melakukan aktivitas imajinasi dan intuisi, kreasi dan kreativitas, inovasi dan seni.




Potensi kecerdasan emosi atau umum disebut kecerdasan emosional, yakni kemampuan seseorang untuk menerima, menilai dan mengelola serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain disekitarnya. Dalam hal ini emosi mengacu pada perasaan terhadap informasi akan suatu hubungan. Para pakar psikologi telah menemukan, bahwa kesuksesan seseorang ditentukan oleh 20% kecerdasan otaknya dan ditentukan 80% oleh kecerdasan emosional. Soal menganalis, logika, menghafal dan lain-lain sebagainya, butuh keseimbangan dari kecerdasan emosional agar terjadi harmoni, mengubah sesuatu yang buruk menjadi sesuatu yang positif dan bermanfaat. Dengan demikian keberhasilan seorang pemimpin adalah buah dari komitmen untuk terus melangkah maju. Komitmen tersebut bukan dihasilkan oleh kemampuan otak kita dalam berpikir, tetapi bagaimana meneguhkan hati untuk terus melangkah mencapai kesuksesan, meskipun hambatan tidak dapat kita hindari.

Oleh karena itu, dikatakan bahwa pemimpin yang gagal dan pemimpin yang berhasil, sebetulnya sama-sama memiliki potensi untuk sukses. Namun, kita tahu bahwa kesuksesan bukan hanya potensi sukses itu ada pada diri kita, akan tetapi bagaimana potensi sukses itu dikembangkan untuk mengantarkan kita pada kesuksesan. Itulah sejatinya pemimpin sejati, tidak pernah berhenti pada satu titik.



Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Carbebosnecess | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com
The Hottest Post×